Humanika Psychology Center

HUMANIKA

Psychology Center

Benarkah Emosi Positif Hanya Perasaan Bahagia?

Hidup bahagia pastinya hal yang paling diinginkan semua orang. Tak sedikit dari kita yang berhenti sejenak untuk mempertimbangkan kebahagiaan apa yang kita inginkan dan mengapa kita berusaha tanpa lelah untuk mencapainya. Tahukah kamu bahwa bahagia merupakan salah satu komponen dari emosi positif?

Selain perasaan bahagia, terdapat berbagai macam emosi positif lainnya yang penting untuk kamu ketahui. Lalu, apa aja sih emosi positif? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Kegembiraan

Ketika seseorang senang dengan hal yang tidak terduga, maka kegembiraan akan mengikuti. Kegembiraan memberikan sinyal untuk mendorong, merangkul, dan menikmati momen yang pernah kita alami.

2. Bersyukur

Rasa syukur merupakan perasaan yang memotivasi seseorang untuk membalas sesuatu dengan berbagai cara. Bukan hanya sekadar ucapan terima kasih, perasaan ini memiliki makna yang lebih dalam. Emosi ini menyadarkan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

3. Kebanggaan

Mencapai tujuan yang kita inginkan, tidaklah mudah. Ketika mencapai tujuan tersebut pasti kita merasa bangga dengan kemampuan diri kita sendiri. Rasa bangga ini memberikan kita motivasi untuk terus menetapkan dan mencapai tujuan di masa depan.

4. Ketenangan

Merasa tenang dapat menciptakan keadaan yang damai. Damai muncul ketika seseorang sedang liburan dan memanjakan diri. Menurut Frederickson (2004), ketenangan dapat mendorong kita untuk menikmati, mengevaluasi, dan memperdalam pemahaman kita tentang diri kita sendiri.

5. Minat

Seseorang menjadi ingin tahu tentang dunia ketika menemukan sesuatu yang baru dan merasa aman untuk menjelajahinya. Rasa minat bisa mengundang kita untuk menjelajah dan belajar lebih sehingga mendapatkan pengetahuan yang lebih luas.

6. Hiburan

Hiburan atau humor adalah emosi yang terkait dengan tawa. Rasa humor ini dapat memperkuat hubungan kita dengan orang lain. Rasa humor tidak hanya menghibur orang lain tapi diri sendiri juga.

7. Harapan

Harapan merupakan emosi positif yang kita rasakan ketika kita membayangkan masa depan yang lebih cerah dan sering membantu kita melewati masa-masa sulit. Meskipun mungkin disertai dengan ketakutan atau kesedihan, harapan ini berperan sangat penting untuk mendorong dan mengambil langkah-langkah untuk menciptakan hari esok yang lebih baik melalui optimisme.

8. Inspirasi

Melihat orang lain mendapatkan pencapaian yang baik, kita pasti terpacu untuk berusaha menjadi yang lebih baik juga. Rasa inspirasi ini bisa membantu seseorang menghubungkan kehebatan orang lain dengan potensi kehebatan dalam diri kita sendiri.

9. Cinta

Emosi ini yang paling sering dirasakan, Fredrickson (2004) menjelaskan cinta sebagai pengalaman emosi positif paling lengkap karena merasakan rasa gembira, syukur, ketenangan, bangga, dan sebagainya. Rasa cinta bisa meningkatkan kesejahteraan diri dan kualitas hidup seseorang.


Sumber:
Ackerman, E. (2021). The Pursuit of Happiness: Using the Power of Positive Emotions. Retrieved from https://positivepsychology.com/benefits-of-positive-emotions/
Carpenter, D. (2020). 10 Common Positive Emotions Beyond Happiness. Retrieved from https://www.verywellmind.com/the-nuances-of-happiness-emotions-beyond-
happiness-1717543

Fredrickson, B. L. (2004). The broaden and build theory of positive emotions. Philos Trans R Soc Lond B Biol Sci, 359 (1449), 1367-1378.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *