Humanika Psychology Center

HUMANIKA

Psychology Center

Tips Menghadapi Interview Kerja untuk Kamu Pejuang Cuan

Merasa nerveous saat menghadapi interview? Khususnya interview kerja?

Berikut ini tips-tips yang dapat diaplikasikan untuk menghadapi interview kerja.

1. Pahami terlebih dahulu jobdesk dan perusahaan yang kalian apply

Penting sekali untuk kalian mencari tahu terlebih dahulu jobdesk dan profil perusahaan yang kalian tuju. Hal ini agar kalian tidak mengalami kebingungan saat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan jobdesk dan perusahaan yang di apply.

2. Berlatihlah untuk berbicara

Kalian dapat berlatih interview dengan partner ataupun dengan diri sendiri. Hal ini bertujuan agar kalian tidak mengalami delay ataupun jeda untuk berpikir.

3. Persiapkan jawaban untuk pertanyaan yang umum

Pastikan kalian telah menyiapkan jawaban-jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan umum, misalnya tentang ketertarikan kamu untuk bergabung pada perusahaan tersebut. Hal ini bertujuan agar waktu interview kalian menjadi efisien dan kalian dapat menjelaskan sesuatu yang berkaitan dengan skill yang kalian miliki.

4. Siapkan penampilan terbaik versimu

Gunakanlah pakaian yang sopan dan rapi, kalian dapat menggunakan kemeja ataupun blouse dan celana atau rok berbahan kain. Riaslah diri kalian secukupnya ya, jangan berlebihan.

5. Santun dan hormat

Bersikaplah santun dan hormat pada interviewer, jangan sekali-kali kalian menyela interviewer. Jika kalian ingin menjawab ataupun memberikan pertanyaan, kalian harus meminta izin terlebih dahulu ya.

6. Datanglah tepat waktu

Kalian boleh datang sebelum waktu pelaksanaan interview dimulai ya, agar tidak terlambat.Tidur yang cukup di malam hari agar keesokan harinya kalian dapat bangun lebih awal. 

7. Aktiflah bertanya kepada HRD

Saat diakhir sesi interview HRD akan memberikan kesempatan untuk bertanya. Gunakanlah kesempatan tersebut dengan sebaik mungkin ya. Salah satunya kalian dapat menanyakan mengenai budaya kerja perusahaan yang dituju.

8. Ucapkan terima kasih atas diberikannya kesempatan untuk mengikuti interview

Selalu ucapkan terima kasih kepada interviewer atas kesempatan interview yang diberikan, karena belum tentu semua applicants mendapatkan kesempatan untuk interview.

Nah, itu dia tips-tips yang dapat kalian lakukan untuk menghadapi interview kerja. Tetap semangat dan yakinlah pada diri sendiri bahwa kalian mampu.

 

Sumber:

Pratiwi, D.I., Prihatanto, R., Triwijaya, S., Kurniawan, M.A., & Arifianto, T. (2022). Pelatihan Wawancara Kerja Bagi Mahasiswa di Kota Madiun. Pengmasku, 2(2). 109-118. https://doi.org/10.54957/pengmasku.v2i2.232

8 tips wawancara kerja dan pertanyaan kerja yang paling sering diajukan HRD https://perhumas.topkarir.com/article/detail/8-tips-wawancara-kerja-dan-pertanyaan-wawancara-kerja-yang-paling-sering-diajukan-hrd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *